My Hijrah My Adventure

Kaos Distro – Berikut adalah catatan pada kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Lc. MA dengan tema “My Hijrah My Adventure”. Kajian diselenggarakan pada 2 Rabiul Awal 1437 H / 13 Desember 2015 di Masjid Mujahidin Perak Barat Surabaya jam 8.00 hingga Dhuhur. Mohon maaf, catatan ini mungkin banyak kekurangan, karena hanya berdasar pendengaran saya saat kajian. Karenanya, silakan jika ingin mengoreksinya.
Kaos Dakwah - My Hijrah My Adventure
Kaos Dakwah – My Hijrah My Adventure
Karena oleh penyelenggara tidak boleh merekam kajian, jadi mohon maaf kalau tidak ada rekamannya. Karena saya pun tidak jadi merekam kajian ini.
Selamat menyimak.
Manusia tak pernah puas. Karena manusia bukanlah penduduk bumi. Aslinya, manusia adalah penduduk surga. Kita hanya singgah sementara. Karena Nabi Adam berasal dari surga.
Hijrah adalah pindah dari suatu tempat yang buruk (penuh maksiat) ke tempat yang lebih baik.
Nabi dan sahabatnya hijrah sebanyak 2x. Ke Habasyah dan ke Madinah.
Muslim yang hijrah harus mau bekerja. Jangan hanya berpangku tangan.
Allah berfirman bahwa perjalanan hijrah itu tidak mudah.
Pada kajian ini menampilkan pula beberapa bintang tamu yang hijrah dari kehidupan masa lalunya. Yaitu:

Ahmad Zarkazy (Abu Taqo)

Beliau adalah mantan vokalis band metal, Purgatory. Sebelum gabung di Purgatory, Ahmad menjadi anak punk yang berambut mohawk dan jauh dari agama. Sebenarnya keluarganya mendidik agama (walau secara umum). Namun pergaulan SMA membawanya jauh dari agama.
Band Purgatory ini sendiri sebenarnya band metal yang “islami”, dalam arti menyampaikan lirik-lirik dakwah. Namun Ahmad, merasa tidak nyaman dengan cara dakwah seperti itu. Merasa kosong dengan cara dakwah seperti itu. Hingga akhirnya dia bertanya kepada adeknya (bandar narkoba yang telah lebih dulu hijrah pada saat di dalam penjara) dimana ada kajian. Oleh adiknya diberitahu salah satu kajian sunnah di sebuah masjid. Akhirnya Ahmad datang ke kajian tersebut. Di kajian tersebut dia tertarik dengan penyampaian ustadznya, karena sangat rasional. Maksudnya, semua dinukil dari Quran dan Sunnah. Pelan-pelan Ahmad mulai tertarik dengan kajian sunnah, hingga akhirnya mantap berhijrah.
Proses hijrah ini membuat kehidupan finansial Ahmad turun drastis. Karena tadinya dia mendapat penghasilan dari nge-band dan bekerja di sebuah perusahaan minyak. Setelah hijrah, dia memutuskan keluar dari band. Hingga akhirnya dia diberi tugas dari perusahaannya untuk pindah lokasi kerja. Ahmad bimbang, khawatir dilokasi kerja baru tidak ada lingkungan agamis. Padahal saat itu Ahmad sedang getol-getolnya datang ke kajian. Akhirnya Ahmad memutuskan untuk keluar dari perusahaan agar dia tetap di kotanya yang banyak kajian. Hal ini menyebabkan Ahmad kekurangan secara finansial. Lalu di mencoba jual gorengan, potong kambing aqiqah dan lain-lainnya.
Dalam ceritanya, Ahmad sangat bersyukur istrinya mendukung sekali proses hijrah ini.

Cesar

Ceisar adalah mantan artis yang biasa joget di sebuah acara televisi. Awal kisah hijrahnya ketika dia ingin menikah dengan seorang perempuan. Namun perempuan ini mengatakan bahwa dia ingin Ceisar berubah dan lebih dekat dengan agama. Singkat cerita, setelah menikah, awalnya Ceisar belum pernah datang ke kajian sunnah. Hingga akhirnya istri mengajak dan Ceisar pun mau. Kebetulan saat itu kajiannya ustadz Syafiq. Kajian tersebut sungguh menyentuh hatinya hingga akhirnya dia mantab memutuskan untuk berhijrah.
Dia pun menolak tawaran-tawaran untuk mengisi acara seperti dulu. Dia lebih memilih berdagang saja.

Djarot Djatmiko

Djarot adalah mantan pengusaha tattoo yang hobi motor besar. Dulu kehidupannya bergelimang riba dan maksiat. Beli rumah, mobil, motor besar (hingga empat jumlahnya), dan modal bisnis dengan cara riba. Hingga akhirnya dia tidak tenang dengan kehidupannya yang penuh riba. Kesulitan keuangan pun menerpanya. Lalu oleh saudaranya (pamannya kalau tidak salah), dia diberikan link video youtube tentang riba. Dari situ dia mulai sadar. Mulai mencari-cari tahu info tentang riba. Singkat cerita dia mulai menjual semua asetnya untuk melunasi hutang-hutang ribanya. Kini rumah pun dia mengontrak, motor besar sudah tidak punya, mobil pun mobil sederhana. Namun hatinya lebih tenang.
Masa kecil memang berpengaruh pada masa dewasanya.
Hal yang menarik dicatat, ketiga tokoh tersebut ditarik ke maksiat awalnya dari musik.
Ada tidak kebaikan dunia: mulut yang berdzikir; hati yang bersyukur; istri solehah. Karenanya, bersyukurlah jika kita memiliki istri solehah.
Allah menghilangkan berkah harta riba.
Surga dikelilingi hal yang dibenci jiwa. Menuju surga jalannya bukan jalan yang landai.
Hijrah harus berubah lingkungannya. Kecuali dia bisa mewarnai lingkungan lamanya dengan tujuan mengubah lingkungan tersebut menjadi lebih baik. Namun jika kita justru khawatir kembali bermaksiat, maka hindari saja.
Soal-jawab
Apakah menceritakan maksiat masa lalu seperti pada kajian ini diperbolehkan? Apakah nanti tidak termasuk golongan pada hadits larang menceritakan aib yang sudah ditutupi oleh Allah?
Asal menceritakan tidak untuk dibanggakan dan asal orang yang bercerita tersebut sudah bertaubat serta diceritakan untuk diambil faedahnya, maka tidak apa-apa.
Saya ingin mulai menggunakan niqob namun suami bertanya apa dasar menggunakan niqob?
Secara nash memang tidak ada yang mengatakan wajibnya menutup wajah. Namun istri-istri Nabi menggunakan niqob.
Ada khilaf ulama dalam masalah ini. Ada yang mengatakan wajib, ada pula yang sunnah.
Namun kelebihan berniqob antara lain untuk menghindari wajah wanita dilihat orang. Dengan berniqob justru wanita bisa bersolek dan baru ditampilkan pada saat kumpul bersama sesama perempuan atau suaminya.
Punya dosa besar (zina) tapi sudah taubat nasuha. Apa kira-kira diampuni?
Zina adalah dosa besar. Semua anak Adam itu pernah berbuat dosa.
Sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah mereka yang mau bertaubat.
Insyaa Allah taubatnya diterima, namun kita juga harus tetap bersiap diri jika menerima sanksi dari Allah.
Sakit yang kita alami ini pun akan menjadi pengurang dosa.
Akhwat yang sudah hijrah lalu menggunakan pakai syar’i, namun malah dihinda. Bagaimana sikap agar tetap istiqomah?
Orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan segala sesuatu yang dilarang Allah.
Bagaiman sikap kepada mereka yang menghina?
Balaslah dengan kebaikan. Tapi harus sabar. Jangan sampai kita antipati dengan mereka. Jangan mentang-mentang sudah hijrah, lalu sombong, mudah memvonis orang masuk neraka dan vonis lainnya.

Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: