Dunia Startup

Kampus Kamu Mendukung Dunia Startup

Dunia Startup – Penasaran dengan apa yang dilakukan kampus kamu untuk mendukung ekosistem startup? Hal tersebut kadang menjadi pertanyaan bagi mahasiswa yang sedang menggeluti dunia startup.
Harus diakui, rasanya cukup sulit untuk mendeskripsikan seperti apa kampus yang memang benar serius mendukung startup. Meskipun demikian,adanya program entrepreneurship dan banyaknya tokoh startup yang berasal dari kampus kamu mungkin bisa menjadi indikator kalau kampusmu mendukung dunia startup.
Perhatikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan lihat apakah kampus kamu merupakan kampus yang diharapkan bagi mahasiswa yang bergelut di dunia startup.

Apakah kampusmu mempunyai program inkubator?

Ada banyak faktor yang menyebabkan startup gagal, salah satunya karena minimnya pengetahuan tentang mengelola startup. Oleh karena itu, inkubator kampus sangat berperan untuk membantu perkembangan startup yang dimiliki mahasiswa.
Contohnya, Binus Startup Accelerator yang merupakan program inkubator milik Universitas Binus. Inkubator ini menjaring startup terbaik dengan melakukan rangkaian program berupa pitching dan mentorship. Universitas lain juga mempunyai program inkubator
Skystar Ventures milik Universitas Multimedia Nusantara, Sinbis UI milik Universitas Indonesia, UBpreneur milik Universitas Bakrie, dan Mercupreneur milik Universitas Mercubuana.

Apakah kampus kamu sering mengadakan acara entrepreneurship?

Acara kampus mungkin dapat merangsang kemauan mahasiswa untuk membuat startup dengan memberikan informasi maupun motivasi dari pelaku startup. Contohnya seperti yang dilakukan Universitas Telkom dengan mengadakan acara Blue Techno Festival yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang teknologi smart city.
Universitas Pelita Harapan juga mempunyai acara yang tak kalah menarik bernama Pelita Harapan Business Challenge, dengan mengikuti kompetisi ini, mahasiswa UPH dapat melewati masa sulit dalam berbisnis.
Apakah kampus kamu mempunyai departemen khusus entrepreneurship?
Keseriusan Universitas Ciputra untuk membantu mahasiswa menjadi seorang pelaku bisnis dibutikan dengan menghandirkan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center. misinya adalah menyediakan edukasi entrepeneurship dan diskusi bisnis bagi mahasiswa, terutama mereka memerlukan bimbingan dalam menyelesaikan persoalan bisnis yang sedang mereka hadapi.
Kampus lain yang memiliki departemen khusus dengan fungsi sama adalah Universitas Binus. Binus Entrepreneurship Center memberikan konsultasi bisnis gratis kepada mahasiswanya dan membimbing setiap langkah bisnis yang mereka tempuh.
Buat kamu, mahasiswa yang masih aktif di salah satu universitas yang telah disebutkan di atas, manfaatkan dengan baik program entrepreneurship itu dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi apabila kampus kamu tidak mempunyai program semacam itu, jangan kamu jadikan halangan untuk mendirikan startup. Mungkin, kampus kamu mempunyai cara lain untuk mendukung dunia startup dan jiwa entrepreneur mahasiswanya.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top